Friday 2 November 2012

Materi Pendidikan Agama Islam Tentang Ridha dan Amal Saleh

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Asalamualaikum Wr. Wb.
Nahhh di posting kali ini saya akan menjelaskan mengenai  Materi Pendidikan Agama Islam Tentang Ridha dan Amal Saleh. Materi ini merupakan terusan dari Materi Agama Islam Perilaku Terpuji Berbuat Adil yang sudah terbit di post yang sebelumnya... Okedeh dari pada kelamaan.. kita langsung aja yaa ke matrinya. Di sini akan menjelaskan mengenai Ridha dan Amal Saleh. Oke kita simak materinya ::..-

Materi Pendidikan Agama Islam Tentang Ridha dan Amal Saleh
Ridha 
Ridha menurut bahasa artinya rela, sedangkan menurut istilah rida adalah menerima dengan senag hati atas segala yang di berikan oleh Allah SWT baik berupa hukuman atau ketentuan yang telah di tetapkan- Nya. Sikap Ridha harus di tunjukan baik ketika menerima nikmat maupun pada saay menrima cobaan. Kebanyakan manusia berat menerima keadaan yang menimpa dirinya seperti kemiskinan, kerugian, kehilangan barang, perangkat, kedudukan, kematian keluarganya dan lain-lain. Ridha terhadap takdir bukan berarti menyerah atau pasrah tanpa usaha lebih dulu untuk mencari jalan keluarnya. Menyerah dan putus asa tidak di benarkan oleh tatanan hidup dan tidak di benarkan pula oleh ajaran islam. Allah memberikan cobaan atau ujian dalam rangka menguji keimanan dan ketakwaan hamba-Nya.

Wujud Nyata dari sifat Ridha antara lain :-----
  1. Sabar dalam melaksanakan  kewajiban hingga selesai dengan kesunguhan dan penuh dengan tanggung jawab.
  2. Senantiasa mengingat Allah dan tetap melaksanakan salat dengan Khusuk.
  3. Tidak iri hati atas  kekurangan atau kelebihan orang lain serta tidak riya'.
  4. Bersyukur atas nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT.
 
Wahh sedikit banget yaa.. materinya tentang bab Ridha. Ya ngapapa lahh. walaupun sedikit yang penting bermanfaat . Oke sekarang kita masuk ke bab tentang Amal Saleh  
 
Materi Pendidikan Agama Islam Tentang Ridha dan Amal Saleh
Amal Saleh
Amal saleh yaitu mengerjakan suatu perbuatan yang baik, dengan niat karena Allah dan hanya mengharakan ridha- Nya. Amal saleh termasuk perintah Allah karena dengan beramal saleh maka akan tercipta kehidupan yang tentram dan bahagia. Amal saleh adalah perbuatan atau sikap yang harus di miliki oleh setiap muslim.
 
Berikut Amal saleh yang Wajib di miliki oleh setiap orang muslim ::----
 
1. Bertakwa Kepada Allah
    Bertakwa adalah menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal ini seperti yang di jelaskan Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 197, " Berbekallah dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa".
 
Berikut adalah ciri -ciri dari orang yang bertakwa antara lain :--- 
  1. Sabar dalam menghadapi segala cobaan dari Allah.
  2. Istiqomah di jalan-Nya.
  3. Memaafkan kesalahan orang lain.
  4. Memegang amanah dan Menempati janji.
  5. Menjalani hidup penuh dengan rasa optimis dan lain-lain.
2. Birrul Walidain (Patuh terhada orang tua)
    Orang tua adalah orang yang telah berjasa kepada kita, terutama ibu, maka sudah sewajibnya sebagai anak kita berbakti kepada kesua orang tua kita selama tidak bertentangan dengan ajaran islam. Adapun wujud nyata dari berbakti kepada orang tua adalah :-----
  1. Tidak berkata kasar kepada kedua orang tua.
  2. berlaku hormat dan  santun terhadap orang tua.
  3. Tidak berkata " ah" saat di suruh orang tua.
  4. Berlaku rendah hati dan penuh kasih sayang.
  5. Mendoakan orang tua.
3. Berbuat Baik Kepada Sesama Manusia 
    Berbuat baik yang di maksud adalah tidak meragukan orang lain, bersikap jujur, tidak menyakiti, bersikap ramah, salin tolong menolog dalam kebaikan dan takwa dan masih banyak yang lainnya.

4. Berbuat Baik Keadapa Lingkungan
    Adapun wujud dari berbuat baik kepada lingkungan antara lain :
  1. Memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan Sebaik- baiknya.
  2. Menjaga keseimbangan alam sehingga alam tetap lestari.
  3. Tidak melakukan hal- hal yang dapat merusak ekosistem yang ada di alam baik itu untuk jangka waktu dekat atau jangka waktu yang lama.
   Syarat Sahnya Alam Saleh Antar lain::::
  1.  Amal Saleh di kerjakan dengan niat Ikhlas karena Allah. Hal ini seperti yang di jelaskan Rosululloh dalam hadisnya " Allah tidak akan menerima amal melainkan yang di dasari ikhlas karena Allah dan untuk mencari ridha- Nya ".( H.R. Ibnu Majah )
  2. Amal Saleh tersebut dilakukan secara sah sesuai dengan syariat Islam. Rosululloh bersabda : " Barang siapa yang mengerjakan amal tanpa adanya dasar salam agama maka amal tersebut di tolak." (H.R Muslim)
  3. Di lakukan dengan memenuhi Ilmu. Rosululloh saw. bersabda : " Apabila suatu urusan di serahkan kepada orang bukan ahlinya maka tanggunglah kehancurannya." (H.R. Bukhari).
 
Wahh  Ternyata materi Tentang Periaku Terpuji sudah selesai. Gimana udah lumayan nie... manfaatnya. Okedeh sekian dulu ya... Bila ada kata- kata yang menyinggung perasaan, yang kurang sopan ataupun ada kata kata yang salah Saya Mohon Maaf yang sebesar besarnya. Sekian dulu Akhir kata Wasalamualaikum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment

Bagaimana pendapat anda tentang blog ini?

My School

SMA N 2 JOMBANG

Go Green Indonesia !

Go Green Indonesia !

NADYA'S GENIUS

NADYA'S GENIUS

Translate