Wednesday 17 October 2012

Contoh perilaku dalam kehidupan sehari – hari (Asmaul Husna)



1.       Ar – Rahman ( Maha Pengasih )
Ketika kita berpergian atau berada di tempat – tempat umum ada saudara kita yang meminta sedekah kita sebagai umat manusia mengamalkan sifat Allah yang maha pengasih dengan memberikan risky lebih yang kita miliki untuk orang lain/yang meminta, (mendorong suara hati kita untuk mengasihi orang lain. Implementasi lain, yudha selalu berusaha untuk senantiasa bersikap dan berperilaku baik kepada temannya, maupun orang lain, dengan tanpa membeda-bedakan warna kulit, suku bangsa, ras dan agama. Mencerminkan sifat kedermawanan dari hati dan batin kita untuk menolong dan membantu sesama. Kita sebagai umat manusia harus selalu bersikap dan bertutur kata dan melakukan perbuatan positif yang berguna bagi orang lain dan diri kita. Serta selalu mengasihi tanpa ada benci kepada setiap orang. Kita selalu mengasihi binatang, tumbuhan dengan cara melakukan perbuatan yang bermanfaat dan tidak menyakitinya
.
2.       Ar – Rahim ( Maha Penyayang )
“Allah memiliki sifat maha penyayang, kita sebagai umat manusia harus saling menyayangi sesama  manusia dengan tanpa membeda – bedakan agama, ras, suku, dan bangsa, menyayangi makhluk hidup seperti hewan dengan merawat dan memberi makan, Mungkin disaat sakit ada saudara kita yang sakit kita dapat menunjukan rasa sayang kita dengan menjenguknya, dan menghibur suadara kita disaat sedih, kita juga dapat menunjukkan rasa sayang kita dengan mengingatkan teman atau orang – orang yang ada disaekeliling kita bila melakukan suatu kesalahan, kita selalu menyayangi Allah SWT dengan cara selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan tidak berbuat durhaka kepada-Nya. Contoh yang sederhana yang dapat kita terapkan dalam keluarga yaitu menyayangi orang tua dengan mematuhi perintahnya.

3.       Al – Malik ( Yang Merajai )
 “kita sebagai mahkluk ciptaan Allah dapat mengamalkan sifat Allah yang maha merajai, dalam kehidupan sehari – hari dengan menjadi pemimpin dalam suatu organisasi baik OSIS, kelas, contoh lain : Febri menjalankan tugas kepemimpinan atau kekuasaan dengan niat ikhlas sematamata karena Allah SWT, untuk memperoleh rida dan rahmat-Nya. Kiki selalu mencoba dan berusaha untuk berperilaku terpuji yang mendatangkan manfaat bagi diri seseorang dan orang-orang yang dipimpinnya, serta menjauhi segala perilaku tercela yang menyebabkan kerugian atau bencana baik bagi dirinya ataupun orang lain. Citra selalu berusaha untuk menjadi orang yang berjasa dan bermanfaat bagi orang banyak dalam segala hal.”

4.       Al – Quddus (Maha suci)
“Allah memiliki sifat yang mahasuci, kita sebagai umat manusia harus menerapkan suci dalam pikiran ,perbuatan dan perkataan . Suci dalam pikiran,  Rina memberikan ide – ide, gagasan dengan pikiran yang suci dalam artian memberikan ide yang murni dan jujur  atas dasar pikiran sendiri. Suci dalam perbuatan, perkataan , Cika selalu menjaga kesucian dirinya dari segala noda dan dosa dengan perwujudan ia senantiasa berperilaku baik dan bersih dari niat jahat, serta menjaga diri dari melakukan hal yang tidak bermanfaat atau haql hal yang negatif.”

5.      As – Salam (Maha Sejahtera)
“Kita sebagai umat manusia dibumi ini membutuhkan kesejahteraan diri kita dan orang lain dan keluarga kita dengan bekerja. Mensejahterakan orang lain dengan memberikan sedekah. Andrina selalu berdoa dan berusaha untuk keselamatan dan kesejahteraan dirinya dan orang lain baik di dunia maupun di akhirat. Sebelum berangkat ke sekolah koko selalu berdoa untuk keselamatan dirinya.”
 6.       Al Mu’min (Yang Terpercaya)
                “Ketika kita menjadi pemimpin berarti kita diberi kepercayaan oleh banyak orang, kita harus menjaga dan memegang kepercayaan itu. Fitri selalu berusaha untk menjadi orang yang terpercaya dengan cara senantiasa bersikap dan berperilaku jujur, tidak suka berdusta karena apapun yang ia katakana nantinya akan dimintai pertanggung jawaban baik didunia, maupun di akhirat, senantiasa memelihara amanat yang diberikan kepada kita, tidak pernah berkhianat, dan senantiasa memenuhi janji. Kemal selalu berusaha memberikan rasa aman kepada sesama, dengan cara tidak berperilaku jahat yang mengganggu keamanan atau kesentosaan sesama, dan mencegah orang lain dari berperilaku yang dapat mengganggu keamanan sesame dan lingkungannya.
7.      Al – Muhaimin (Maha Memelihara)
            “Memelihara hewan dengan mengasihi dan memberi makan minum, mengasuh fakirmiskin dengan memberikan pendidikan yang baik sehingga dapat tumbuh menjadi seorang yang berguna bagi bangsa, agama, Pak Joko mengasuh anaknya dengan mengajarkan agama untuk bekal di akhirat nantinya. Khusnil selalu memelihara dan merawat binatang peliharaannya dengan baik dengan cara selalu memberi makan setiap hari, selalu menjaga kebersihannya, menyayanginya, dan tidak pernah menyakitinya.
 
8.      Al – Aziz (Yang Mengalahkan)
  “Nabi Muhammad tidak terkalahkan meskipun banyak kaum yang menentang beliau  pada zamannya dan mencoba menggagalkan segala usaha Nabi Muhammad untuk menyebarkan agama Islam. Tafri selalu menanamkan rasa taat dan patuh kepada Allah SWT, dia sadar bahwa tidak seorang pun yang mampu mencegah dan menolak perintah Allah SWT. Allah tidak akan terkalahkan dan tak mampu untuk dikalahkan. Makhluk yang paling kuat sekalipun tak kan mampu mengalahkan Allah. Karena Allah adalah zat yang tak terkalahkan.”

9.     Al – Jabbar (Maha Perkasa)
“Ade Rengga adalah salah satu dari umat manusia yang diberi kelebihan oleh Allah SWT yaitu kekuatan dan keperkasaan, namun dia tidak sombong dan menggunakan keperkasaannya itu hanya untuk hal-hal yang positif untuk membawa nama baik dirinya sampai di dunia internasinal.


10.   Al-Mutakabbir (Maha Memiliki Kebesaran)
              “Sabilul adalah salah satu siswa yang pintar dan tidak sombong dia mempunyai banyak medali dan piala serta piagam, karena selalu mengikuti olimpiade dan selalu berhasil. Namun dia tidak sombong karena dia dapat mengilhami bahwa Allah adalah Maha Besar.

23 comments:

  1. Kok Gk Bisa DI Copy SIh -_- '' Hufttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan memang tidak untuk di copy, coba dijadikan referensi

      Delete
  2. seharusnya kalo mau berbagi ilmu tidak seperti ini, biarkan org mengcopy hasil di blog anda toh juga anda yg dapet pahalanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih masukannya, insyaallah untuk saaat ini kakak sudah bisa coba copy. silahkan dicoba

      Delete
  3. aku punya tugas pai, katanya berikan contoh perilaku dalam kehidupan sehari hari dari asmaul husna al karim, al wakil, al matin, al jami, al adl, al akhir. bisa bantu ga ya?

    ReplyDelete
  4. yah kok cuman 10 kak? :3
    aku ada tugas PAI suruh cari cara peneladanan dalam kehidupan sehari-hari Asma'ul Husna Al-Karim, Al-Wakil, Al-Mu'min, Al-Matin, Al-Jami', Al-'Adl, Al-Akhir

    ReplyDelete
  5. sekalian hadsinya di share dong ;)

    ReplyDelete
  6. Aq juga ada tugas tentang peneladanan dalam kehidupan sehari-hari Asma'ul Husna Al-Karim, Al-Wakil, Al-Mu'min, Al-Matin, Al-Jami', Al-'Adl, Al-Akhir

    ReplyDelete
  7. Ga sampe 99 vroh?

    ReplyDelete
  8. mantap kak. bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  9. Makasi, sangat bermanfaat ilmunya: )

    ReplyDelete
  10. Thx nee-chan , membantu banget neh xD

    ReplyDelete
  11. blog terlalu jelek untuk dipublikasikan, dan pemberian info harus dengan ihlas. seharusnya admin membiarkan visiter mengcopy ilmunya. dan sifat sifatnya kurang lengkap serta pemberina contohnya kurang spesifik.

    ReplyDelete
  12. Makasih penjelasan sebagaian Asmaul Husna nya. Bermanfaat buat diri dan buat ngajarin anak.

    ReplyDelete
  13. اعلان عن وظيفه شاغره بعنوان

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda tentang blog ini?

My School

SMA N 2 JOMBANG

Go Green Indonesia !

Go Green Indonesia !

NADYA'S GENIUS

NADYA'S GENIUS

Translate